Zenbook S 13 OLED (UX5304), Laptop Paling Tipis di Dunia dan Ramah Lingkungan

Sekarang ini, sadar nggak siy kalau laptop sudah menjadi barang sehari-hari yang kita gunakan untuk beraktivitas. Makanya bentuk dan spesifikasi laptop terus berkembang dan semakin canggih. 

Model laptop yang sering digunakan dan dicari sekarang juga laptop yang tipis terbaik. Ternyata laptop jenis ini menjadi banyak incaran bagi pecinta gadget laptop tipis lho! Selain itu, bisa dibilang kehadiran laptop tipis dan bobot ringan menjadi angin segar, apalagi kalau bukan karna praktis untuk dibawa ke mana saja. 

Hasilnya harganya semakin bervariasi dan bersaing. Sepertinya tren ini bakalan lama dan nggak akan pernah mati. Karena menemukan laptop yang tipis dan ringan namun tetap berguna dan bukan hanya sekedar pajangan ajah itu nggak mudah.

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Untungnya niy, kehadiran ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) menjadi jawaban dari incaran banyak orang yang ingin memiliki laptop tipis dan ringan. Pasalnya laptop ini merupakan salah satu laptop dengan performa tinggi yang di klaim paling tipis dan ringan di dunia. Semua spek internal yang dipakai laptop ini tuch beneran kuat dan compact. Laptop ini juga menjadi pilihan menarik dan premium bagi mereka yang memiliki kesadaran lingkungan.


ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

ASUS sukses mengeluarkan laptop Zenbook S 13 OLED (UX5304) yang sekuat ini, dan hanya berbobot 1 kg dengan ketebalan 1 cm saja, dan ini keren siy! 

Pasalnya aku melihat dan melakukan review sendiri laptop ini. Yes, Kamis, 14 September 2023 kemaren aku hadir di Acara ASUS Blogger Gathering Jakarta 2023 bertempat di Semanggi Lounge Hotel Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta. Di acara ini Kak Katerina mengundang kami para blogger untuk mencoba langsung (hands-on) produk-produk laptop ASUS diantaranya : 
  • ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)
  • ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402)
  • ASUS Vivobook 14X (M1403)
  • ASUS Vivobook GO 14 (E1404F)
  • ASUS Vivobook 14X (K3405)
Acara ASUS Blogger Gathering Jakarta 2023

Lumayan ya jenisnya laptopnya banyak, tapi yang menarik perhatian dan akhirnya bisa aku cobain langsung yaitu laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), penasaran nggak spek dari laptop ini? Kuy, simak yu!!

Laptop OLED Paling Tipis dan Ringan di Dunia

Desain? Kalau liat dari desainnya, subjektif ya desain dari laptop ini emang cantik lho! Laptop yang di klaim paling tipis dan ringan di dunia, memiliki ketebalan hanya 1 cm dan bobot 1 kg, laptop OLED 13,3 inchi ini memang menggunakan teknik manufaktur yang canggih dan material ringan yang kuat. 

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)
Laptop Paling Tipis dan Ringan di Dunia

Sedangkan secara visual, laptop OLED ini memiliki tampilan yang sangat menarik, desainnya ramping, tapi tetap memberikan kesan kuat dan kokoh. Karena mereka memang menggunakan material magnesium dan aluminium pada bagian keyboard deck, yang diproses dengan presisi melalui teknik CNC. Melalui proses CNC inilah membantu ASUS untuk mencapai profil laptop yang lebih ramping.

Begitu juga penggunaan panel OLED yang lebih tipis menjadikan laptop ini 30% lebih tipis dari laptop sekelasnya. Ini emang aku buktiin sendiri siy, kalau laptop ini tuch bener-bener tipis dan ringan. Jadi saat kita memegang laptop ini hanya menggunakan satu tangan saja nggak masalah dan nggak berat juga.

Karena menggunakan teknologi yang canggih dan bahan-bahan yang berkualitas tinggi, alhasil laptop ini disebut sebagai laptop ultraprotabel, dan ini tuch belum pernah ada sebelumnya. Dengan inovasi yang menggunakan penutup kaca yang sangat tipis pada bagian touchpadnya, jadi ketebalannya itu sebesar 25% pada bagian keyboard deck. Meskipun sangat tipis tapi cukup nyaman saat digunakan.


Banyak diantara kita yang menggunakan laptop nggak cukup hanya satu atau dua jam saja, belum lagi kalau mengerjakan tugas di luar ruangan, apa yang paling dibutuhkan? Tentu ajah ketahanan baterainya. Nah, untungnya niy Zenbook S 13 OLED (UX5304) memiliki daya tahan baterai yang luar biasa, bahkan tahan hingga 14 jam.

Ketahanan masa pakai baterai ini tentu saja menjadi salah satu keunggulan yang sangat berarti dari laptop ini.

Konektivitas dan Fitur Lengkap

Meskipun laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) hadir dengan desain yang tipis dan ringan tapi nggak perlu khawatir. Soalnya laptop ini tetap mempertahankan konektivitas yang lengkap dibekali port HDMI, USB Type-A, dan 3.5mm combo audio jack sehingga memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Selain itu laptop OLED ini juga dilengkapi dengan sejumlah port I/O, sehingga pengguna dapat bebas dari kebutuhan membawa dongle atau adaptor saat melakukan perjalanan, jadi nggak bikin ribet khan! Lalu terdapat juga Dua port USB-C® Thunderbolt™ 4 yang menghasilkan pengisian daya jadi jauh lebih cepat, tampilan pada ekternal beresolusi 4K, dan ketika mentransfer data kecepatannya bisa mencapai 40 Gbps. Great!
Jadi saat transfer data enak banged niy, bisa sat set sat set..

Untuk soal kameranya gimana niy? Dengan adanya kamera IR FHD pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) menjadikan pengalaman kita saat melakukan video conference jauh lebih optimal. Jadi, saat melakukan zoom meeting atau kelas online jelas oke.

Terus kita juga bisa merasakan adanya efek visual khusus karena laptop OLED ini sudah dilengkapi teknologi AI noise-cancellin. Nggak berhenti sampai sini aja, kamera tersebut juga mendukung sistem login Windows Hello melalui fitur pemindahan wajah.

Sedangkan pada bagian audionya, sudah memiliki sertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos®, Smart Amp, dan ASUS Audio Booster sehingga hasilnya juga berkualitas dan oke. Ini siy para penggunannya dimanjain banged ya!!

Oiya, tau nggak kalau Touchpad ASUS ErgoSense yang terdapat pada Zenbook S 13 OLED (UX5304), sekarang ini muncul dengan ukuran yang 9,5% lebih besar. Adanya perubahan ini, membuat navigasi menjadi jauh lebih mudah, lebih nyaman, dan responsif, dan ditambah lagi dengan lapisan anti-sidik jari yang memudahkan proses pembersihan. Ini juga penting niy mudah untuk dibersihkan!


Performa Modern dan Powerfull 

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), meskipun lebih menekankan kepada portabilitas dan efesiensi tapi tetap nggak mengorbankan konektivitas yang modern dan powerfull. Hal ini karena ditenagai oleh prosesor 13th Gen Intel® Core™ yang powerful untuk berbagai aktivitas yang kita lakukan. Jadi kita akan tetap mendapatkan performa yang luar biasa sebagai investasi kita. 

Dengan adanya prosesor 13th Gen Intel® Core™ i7-1355U generasi ke-13 dengan konfigurasi 10 core dan 12 thread, bisa dipacu hingga 5GHzini seperti membuka jalan untuk masa depan kekuatan dan performa. 

Zenbook S 13 OLED (UX5304)
Telah Mendapatkan Validasi Sebagai Platform Intel® Evo™


Kelebihan lainnya dari Prosesor Intel® Core™ i7-1355U adalah prosesor modern ini sudah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi, yaitu Intel® Iris® Xe.
Kegunaan dari chip grafis inilah yang mendukung kebutuhan grafis sehari-hari, bisa juga digunakan untuk bermain games yang kasual.

Ups, ternyata ada lagi niy Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga telah mendapatkan validasi sebagai platform Intel® Evo™. Ini artinya sudah ada jaminan kalau laptop ini akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Zenbook berhasil memberikan hasil yang kuat baik saat kita gunakan untuk bekerja, belajar, menikmati hiburan, berkarya dan bekreatifitas juga bisa banged.

Apalagi buat kamu yang kerjanya multitasking, tenang laptop ini bisa diandalkan qo, soalnya sudah dilengkapi dengan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB dan media penyimpanan data PCIe 4.0 SSD. Jadi bakalan cepet dunk, plus baterainya berkapasitas 63 WHrs, jadi bisalah kita pakai laptop ini seharian.


Layar Jernih

Saat aku melihat gambarnya, nggak henti-henti aku bilang bagus gambarnya, jernih banged. Pasti kamu juga bakalan setuju dech, kalau udah lihat secara langsung. Layarnya tuch auto berasa sultan, soalnya Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan ASUS Lumina OLED, yang merupakan standar tertinggi layar laptop saat ini.

Kelebihan dari layar ASUS Lumina OLED ini kemampuan resolusi 2,8K dan dilengkapi juga dengan berbagai fitur lainnya, seperti teknologi, serta inovasi canggih. Hasilnya? Menghasilkan layar yang dapat menampilkan kualitas visual dengan warna yang kaya, akurat, sekaligus tidak membahayakan kesehatan mata. Pokoknya jernih banged dech..

Kalau ngomongin soal ASUS Lumina OLED ini emang udah teruji, dan telah memperoleh sertifikasi PANTONE Validated Display juga. Makanya ASUS Lumina OLED dapat menampilkan color gamut 100% DCI-P3 dan dapat mendukung teknologi HDR, karena telah mendapatkan sertifikasi VESA DisplayHDR True Black. 

Singkatnya niy, layar ASUS Lumina OLED dirancang berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif. Oleh karena itu, seluruh konten yang ditampilkan oleh ASUS Lumina OLED dijamin akurat sesuai dengan visi pencipta konten. Thanks for this!

Satu lagi, ASUS Lumina OLED juga dilengkapi dengan fitur Eye Care, adanya fitur ini memungkinkan penurunan spektrum cahaya biru, yang berpotensi berbahaya bagi mata, tapi tetap ya tanpa mengurangi kualitas visual. Bukan itu ajah untuk mengurangi kerusakan mata dalam jangka panjang, ini juga yang menjadi salah satu alasan menggunakan ASUS Lumina OLED dan telah mendapatkan sertifikasi dari TÃœV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker juga.

Ramah Lingkungan dengan Material Terbaik

Aku tuch paling seneng kalau ada produk yang diproduksi dan tetap mempertahankan ramah lingkungan. Siapa sangka ternyata laptop yang keren dan canggih ini fokus pada proses dan material pembuatannya yang ramah lingkungan.

Makanya nggak heran kalau laptop ini telah mendapatkan sertifikasi EPEAT® Gold, yang merupakan standar internasional untuk produk-produk ramah lingkungan, terutama elektronik. Jadi Zenbook S 13 OLED (UX5304) memang dirancang untuk meminimalkan jejak karbon di planet tercinta kita.

Bagaimanapun kemajuan teknologi harus tetap memperhatikan dan peduli dengan keberlangsungan bumi. Sehingga dalam pembuatannya, ASUS menggunakan bahan plasma-ceramic aluminium. Dimana bahan ini diproses dengan teknik eksklusif yang hanya memerlukan air murni dan listrik, tanpa kebutuhan senyawa organik, asam kuat, atau logam berat.

Tapi hebatnya, bahan tersebut memiliki durabilitas yang lebih baik, serta masa pakai yang panjang, sambil meminimalkan dampak kerusakan terhadap lingkungan. Bahkan dengan bahan tersebut menunjukkan efisiensi energi yang sangat tinggi dan telah melebihi standar ENERGY STAR® sebesar 43%. Demi apa siy ini? Semua ini tuch supaya ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat menjadi laptop dengan zero carbon emission.

Well, meskipun menggunakan material yang ramah lingkungan, tapi laptop ini tetap terasa solid dan mewah lho!

Kesimpulan

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan paket yang bagus, menawarkan pengalaman menggunakan laptop yang tipis, ringan, dan ramah lingkungan.

Laptop OLED ini tetap mempertahankan kualitasnya dan desain yang mewah dengan menggunakan bahan material yang ramah lingkungan dan masa pakai baterai yang ditawarkan juga oke.

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) memiliki fitur yang lengkap, canggih, namun tetap memperhatikan keamanan, kenyamanan dan kesehatan bagi penggunanya.

Akhirnya dengan kehadiran ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) kita bisa mendapatkan laptop bukan hanya tipis dan ringan saja, tetapi juga handal dan memukau dengan kesadaran lingkungan yang tinggi.


Main Spec.

Zenbook S 13 OLED (UX5304)

CPU

Intel® Evo™ Platform

Intel® Core™ i7-1355U Processor 1.7 GHz (12MB Cache, up to 5.0 GHz, 10 cores, 12 Threads)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB DDR5

Storage

1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 Performance SSD

Display

13,3-inch ASUS Lumina OLED, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, 60Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 550nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker

Graphics

Intel® Iris® Xe Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Camera

1080P FHD IR Camera for Windows Hello

Audio

AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology

Battery

63WHrs, 2S2P, 4-cell Li-ion

Dimension 

29.62 x 21.63 x 1.09 ~ 1.18 cm

Weight

1 Kg

Colors

Basalt Grey

Price

Rp23.999.000

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty







Tidak ada komentar

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat